Loading
PAHALA Amal Shalih …..Adalah HASIL USAHAnya Sendiri ———————————-usaha-ku/ usaha-mu sendiri ——————- Allah berfirman: “Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka USAHA-kan dan bagimu apa yang telah kamu USAHA-kan.” (Al-Baqarah, 134 & 141) ————————————- Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. ……………. Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286) —————————- Seseorang tidak mendapatkan pahala kecuali dari usahanya sendiri. Pahala kebaikan yang telah didapatkan bisa dilipatgandakan sebesar 10 hingga 700 kali lipat bahkan hingga kelipatan tanpa batas yang hanya diketahui oleh Allah sebagaimana hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim. —————————- Hal ini berbeda dengan apa yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin bahwa pahala amal shalih bisa “dihadiahkan” kepada mayit. Olehkarena itu kita dapati banyak majelis yang dimanfaatkan untuk mangumpulkan kaum muslimin dalam rangka beramal dan mengirimkan pahalanya untuk mayit yang dimaksud. ———————————– Apakah yang seperti ini sesuai dengan ajaran Islam? Karena sepintas kita pahami jika demikian adanya maka akan membuka beberapa pintu kejelekan seperti membuat orang malas beramal, meremehkan dosa, dan lain-lain karena mengandalkan ‘pahala kiriman’ dari orang lain. ————————————– | EP Artikel-Edy Gojira

PAHALA Amal Shalih .....Adalah HASIL USAHAnya Sendiri ----------------------------------usaha-ku/ usaha-mu sendiri ------------------- Allah berfirman: “Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka USAHA-kan dan bagimu apa yang telah kamu USAHA-kan.” (Al-Baqarah, 134 & 141) ------------------------------------- Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. ................ Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286) ---------------------------- Seseorang tidak mendapatkan pahala kecuali dari usahanya sendiri. Pahala kebaikan yang telah didapatkan bisa dilipatgandakan sebesar 10 hingga 700 kali lipat bahkan hingga kelipatan tanpa batas yang hanya diketahui oleh Allah sebagaimana hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim. ---------------------------- Hal ini berbeda dengan apa yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin bahwa pahala amal shalih bisa “dihadiahkan” kepada mayit. Olehkarena itu kita dapati banyak majelis yang dimanfaatkan untuk mangumpulkan kaum muslimin dalam rangka beramal dan mengirimkan pahalanya untuk mayit yang dimaksud. ----------------------------------- Apakah yang seperti ini sesuai dengan ajaran Islam? Karena sepintas kita pahami jika demikian adanya maka akan membuka beberapa pintu kejelekan seperti membuat orang malas beramal, meremehkan dosa, dan lain-lain karena mengandalkan ‘pahala kiriman’ dari orang lain. --------------------------------------

PAHALA Amal Shalih .....Adalah HASIL USAHAnya Sendiri
----------------------------------usaha-ku/ usaha-mu sendiri -------------------
Allah berfirman:
Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka USAHA-kan dan bagimu apa yang telah kamu USAHA-kan.” (Al-Baqarah, 134 & 141)
-------------------------------------
Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. ................ Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah:
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286)

----------------------------
tanggung dosa pahala 1

Seseorang tidak mendapatkan pahala kecuali dari usahanya sendiri. Pahala kebaikan yang telah didapatkan bisa dilipatgandakan sebesar 10 hingga 700 kali lipat bahkan hingga kelipatan tanpa batas yang hanya diketahui oleh Allah sebagaimana hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim.
----------------------------
Hal ini berbeda dengan apa yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin bahwa pahala amal shalih bisadihadiahkankepada mayit. Olehkarena itu kita dapati banyak majelis yang dimanfaatkan untuk mangumpulkan kaum muslimin dalam rangka beramal dan mengirimkan pahalanya untuk mayit yang dimaksud.
-----------------------------------
Apakah yang seperti ini sesuai dengan ajaran Islam? Karena sepintas kita pahami jika demikian adanya maka akan membuka beberapa pintu kejelekan seperti membuat orang malas beramal, meremehkan dosa, dan lain-lain karena mengandalkan ‘pahala kiriman’ dari orang lain.
--------------------------------------
A. Balasan Pahala Untuk Yang Diamalkan Bukan Yang Sekedar Diketahui

Dalam banyak ayat disebutkan bahwa balasan pahala itu untuk amal yang dikerjakan, sehingga ketika seseorang hanyamengetahuiakan tetapitidak mengamalkanmaka dia tidak mendapatkan pahalanya terutama ilmu-ilmu yang sifatnya wasilah kepada yang lainnya seperti ilmu tentang tatacara ibadah. Misalnya seseorang mengetahui hukum dan cara shalat akan tetapi dia tidak mengerjakan shalat padahal dia mampu maka dia tidak mendapatkan pahala shalat meskipun dia mengetahui cara shalat. Bahkan dia mendapatkan dosa yang sangat besar karena meninggalkan shalat yang merupakan rukun Islam.

Allah berfirman:
Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (berbagai macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (As-Sajdah, 17)

Allah juga berfirman:
“ Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, laksana mutiara yang tersimpan baik. Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.” (Al-Waqi’ah, 24)

Dan masih banyak ayat-ayat yang semakna di dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang hal ini. Adapun ilmu-ilmu yang merupakan tujuan dan bukan wasilah maka pahala dia peroleh hanya dengan mengetahuinya, seperti ilmu tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah. Maka ilmu tentang hal ini merupakan tujuan secara dzatnya berbeda dengan ilmu-ilmu yang sifatnya wasilah seperti ilmu tentang tata cara ibadah. Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnul Qayyim dalam ‘Miftah Daris Sa’adah’.

B. Manusia Hanya Mendapatkan Pahala Dari Apa Yang Dia Amalkan (Usahakan)

Allah berfirman:
Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka usahakan dan bagimu apa yang telah kamu usahakan.” (Al-Baqarah, 134 & 141)

Imam Ibnu Katsir berkata:
Umat yang ada di zaman dahulu yaitu bapak-bapak kalian dari kalangan para Nabi dan orang-orang shalih, maka penyandaran diri kalian kepada mereka secara nasab tidaklah memberi manfaat kepada kalian jika kalian tidak mengerjakan amal shalih sama sekali yang manfaatnya kembali kepada kalian; karena sesungguhnya milik mereka amal-amal shalih mereka yang telah mereka kerjakan dan milik kalian amal-amal shalih kalian (yang telah kalian kerjakan)…”

Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah:
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286)

Dalam ayat lain disebutkan:
“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (An-Najm, 40)

Dari beberapa ayat di atas kita mengetahui bahwa pahala yang didapatkan seseorang adalah hasil dari usahanya sendiri bukan hadiah yang dia dapatkan dari orang lain. Sebagai contoh ketika seseorang ingin mendapatkan pahala bacaan Al-Qur’an maka wajib baginya membaca Al-Qur’an dengan ikhlas dan semampunya. Akan tetapi jika dia tidak membaca Al-Qur’an padahal mampu serta kesempatan juga ada maka dia tidak mendapatkan pahala amal bacaan Al-Qur’an karena dia belum melakukan usaha yang dalam hal ini adalah membaca Al-Qur’an. Begitu seterusnya dan hal ini berlaku dalam amal-amal yang lain selain membaca Al-Qur’an.

C. Beberapa Amalan Yang Tidak Dikerjakan Secara Langsung Dan Terhitung Sebagai Usahanya (Amalnya)

Usaha seseorang tidak terbatas pada amal shalih yang dilakukan dengan tangannya secara langsung. Sebagai contoh ketika orang tua memberi pengarahan kepada anaknya tentang keutamaan bersedekah kepada fakir miskin dan dia mendorong anaknya itu untuk melakukannya ketika mampu.

Maka manakala anak bersedekah dengan ikhlas dalam waktu yang sama orang tua yang menunjukkan dan menganjurkan bersedekah tersebut mendapatkan pahala sedekah yang dilakukan anaknya tanpa mengurangi bagian pahala sedekah anaknya jika memang sedekah tersebut diterima Allah Ta’ala.
Hal ini berdasarkan sabda Nabi:
Siapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang mengikutinya dan ini tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim, riyadhus shalihin no. 174)

Begitu juga sedekah jariyah yaitu sedekah pada jalur manfaatnya ada terus-menerus, ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada orang lain serta terus dimanfaatkan dan doa yang dipanjatkan anaknya yang shalih.

Nabi bersabda:
“Jika manusia telah meninggal maka amalannya terputus (yaitu tidak bisa beramal lagi dan mendapat pahala) kecuali tiga: Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat (dalam riwayat lain: ilmu yang dia ajarkan dan sebarkan), atau anak shalih yang mendoakan (kebaikan) untuknya (yaitu untuk orangtuanya).” (HR. Muslim, riyadhus shalihin no. 949)

Peringatan:
Yang dimaksud dengan ‘Doa’ di dalam hadist ini bukanlahacara yasinan atau selamatan kematian’ yang tidak ada contohnya dari Nabi Muhammad shallallahualaihi wa sallam. Karena doa adalah permohonan yang dipanjatkan seseorang kepada Allah. Seperti ketika seorang anak berdoa agar dosa orang tuanya yang muslim diampuni, dimasukkan surga dan lain-lain. Tanpa terikat waktu maupun tempat dan tanpa biaya sepeserpun.

tahlilan bidah hasanah 2132

D. Pendapat Imam Syafi’I Tentang Mengirim Pahala Bacaan Qur’an

Imam Ibnu Katsir berkata:
“Dan dari ayat yang mulia ini (surat An-Najm ayat 40) Imam Syafi’I dan yang mengikuti beliau menyimpulkan suatu hukum bahwa bacaan (Al-Qur’an) itu tidaklah sampai pahalanya jika dihadiahkan kepada mayit, karena pahala bacaan tersebut bukan dari amalan dan usaha mereka. Olehkarena itu Rasulullah tidak menganjurkan kepada umatnya untuk melakukan itu dan tidak pula mendorong mereka kepadanya. Beliau juga tidak membimbing mereka kepadanya baik dengan nash maupun isyarat. Dan hal ini tidak pernah dinukil dari seorangpun dari sahabat Nabi Muhammad. Seandainya itu kebaikan pasti mereka telah mendahului kita melakukannya. Dan ibadah-ibadah itu terbatas pada nash-nash (dalil-dalil), dan dalam hal ibadah tidak boleh di dasarkan pada analogi-analogi maupun akal. Adapun doa dan sedekah maka hal ini telah disepakati akan sampainya, dan juga berdasarkan nash dari syari’at atas keduanya.”

tahlilan kejam

Dari penjelasan Ibnu Katsir kita mengetahui bahwa:
1. Untuk melakukan ibadah hanya boleh didasarkan pada dalil bukan pada akal atau yang semisalnya.
2. Mengirim pahala bacaan Al-Qur’an merupakan ibadah yang tidak dicontohkan Nabi Muhammad. Dan semua ibadah yang tidak dicontohkan beliau tidak boleh dikerjakan.
3. Pahala bacaan Al-Qur’an yang dikirimkan untuk mayit maka pahalanya tidak sampai karena bukan merupakan usaha si mayit ketika hidupnya.
Dan inilah pendapat Imam Syafi’I yang dinukil banyak para ulama. (Tafsir Ibnu Katsir & Bahjatun Nazhirin juz. 2 hal. 173)

E. Anak Adalah Usaha Orang Tuanya

Salah seorang ahli hadist abad ini yaitu syaikh Al-Albany rahimahullah berkata:
“…Apa yang dikerjakan oleh anak yang shalih berupa amal-amal shalih maka bagi kedua orangtuanya semisal dengan pahalanya, tanpa mengurangi pahala anak sedikitpun, karena anak merupakan usaha dari kedua orangtuanya sekaligus pekerjaannya dan Allah berfirman, “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (An-Najm, 40), dan Nabi bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik yang dimakan seseorang adalah yang berasal dari usahanya sendiri, dan sesungguhnya anaknya termasuk usahanya.” (HR. Abu Dawud, An-Nasaai, At-Tirmidzy, Ad-Darimy, Ibnu Majah, Al-Hakim dan lain-lain)
Dan menguatkan apa yang ditunjukkan ayat dan hadist (di atas) beberapa hadist yang secara khusus datang dalam pembahasan tentang orang tua mendapat manfaat dari amal anaknya yang shalih seperti sedekah, puasa, membebaskan budak dan yang semisalnya…” (Ahkamul Janaa-iz hal. 171)

F. Beberapa Pengecualian

Kecuali dalam hal pelunasan hutang puasa nadzar dari walinya dan juga pelunasan hutang antar manusia. Misalnya seseorang meninggal dan dia masih memiliki hutang puasa nadzar kemudian walinya melunasinya maka dia mendapatkan pahala puasa nadzar yang dilakukan oleh walinya meskipun bukan anaknya. Begitu juga dalam hal hutang piutang antar manusia.

Bukan berarti kita katakan bahwa mayit bisa mendapatkan pahala dari siapapun akan tetapi kita katakan bahwa ini adalah pengecualian berdasarkan dalil;

Tentang pelunasan hutang puasa yang dilakukan wali mayit berdasarkan hadist riwayat Abu Dawud, An-Nasaai, Ath-Thahawy dan lain-lain.

Sedangkan mengenai pelunasan hutang harta antar manusia berdasarkan riwayat Imam Ahmad, Ibnu Majah, Al-Baihaqy dan lain-lain. (Ahkamul Janaaiz hal. 169-173)

Imam Asy-Syaukany berkata:
“Hadist-hadist dalam bab ini menunjukkan bahwa sedekah dari anak sampai kepada kedua orangtuanya setelah keduanya meninggal (meskipun) tanpa wasiat dari keduanya, dan sampai pahalanya kepada keduanya, maka dengan hadist-hadist ini ke-umuman firman Allah, “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya…” dikhususkan (dikecualikan).

Akan tetapi tidak ada (penjelasan) di dalam hadist-hadist tersebut kecuali sampainya sedekah dari seorang anak, dan telah tsabit (ada kepastian dari dalil) bahwa anak termasuk usahanya, sehingga tidak perlu pengkhususan dalam hal ini.

Adapun dari selain anak maka yang tampak dari keumuman ayat-ayat Al-Qur’an menunjukkan bahwa hal itu tidak sampai pahalanya kepada mayit, maka ditetapkan (kaidah) pada erkara tersebut (tidak sampai pahala selain dari anak) sampai adanya dalil yang mengharuskan adanya pengecualian untuknya.” (Kitab Ahkamul Janaaiz hal. 173)

Ulama berbeda pendapat apakah pahala sedekah sampai kepada mayit meskipun bukan dari anaknya. Pendapat yang kuat sebagaimana keterangan Imam Asy-Syaukany maka tidak sampai pahalanya. Inilah yang dipilih Imam Al-Albany rahimahullah.

Dan perlu diketahui bahwa ulama sepakat bahwa syarat ibadah yang diterima ada dua yaitu ikhlas dan mencontoh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

BERBAGAI SUMBER

Views All Time
Views All Time
1121
Views Today
Views Today
5
About Edy Gojira 722 Articles
sampaikanlah .... kebenaran ayat-ayat Allah

3 Comments on PAHALA Amal Shalih .....Adalah HASIL USAHAnya Sendiri ----------------------------------usaha-ku/ usaha-mu sendiri ------------------- Allah berfirman: “Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka USAHA-kan dan bagimu apa yang telah kamu USAHA-kan.” (Al-Baqarah, 134 & 141) ------------------------------------- Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. ................ Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286) ---------------------------- Seseorang tidak mendapatkan pahala kecuali dari usahanya sendiri. Pahala kebaikan yang telah didapatkan bisa dilipatgandakan sebesar 10 hingga 700 kali lipat bahkan hingga kelipatan tanpa batas yang hanya diketahui oleh Allah sebagaimana hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim. ---------------------------- Hal ini berbeda dengan apa yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin bahwa pahala amal shalih bisa “dihadiahkan” kepada mayit. Olehkarena itu kita dapati banyak majelis yang dimanfaatkan untuk mangumpulkan kaum muslimin dalam rangka beramal dan mengirimkan pahalanya untuk mayit yang dimaksud. ----------------------------------- Apakah yang seperti ini sesuai dengan ajaran Islam? Karena sepintas kita pahami jika demikian adanya maka akan membuka beberapa pintu kejelekan seperti membuat orang malas beramal, meremehkan dosa, dan lain-lain karena mengandalkan ‘pahala kiriman’ dari orang lain. --------------------------------------

  1. Allah berfirman:
    “Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka USAHA-kan dan bagimu apa yang telah kamu USAHA-kan.” (Al-Baqarah, 134 & 141)
    -------------------------------------
    Sehingga jelas bahwa kita hanya mendapatkan pahala yang kita kerjakan dan bukan hadiah dari orang lain. ................ Dan masih banyak ayat-ayat yang semisalnya seperti firman Allah:
    “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah, 286)

  2. TAHLILAN = Bid’ah … SESAT
    ……………………..………..
    Sering kita dapati sebagian ustadz atau kiyai yang mengatakan, “Tahlilan kok dilarang?, tahlilan kan artinya Laa ilaah illallahh?”.
    ……………………..………………
    >>>> Ada orang yg udah abis2an jual harta untuk ngobatin ortunya sakit.
    Saat hartanya habis, ortunya pun meninggal.
    Saat meninggalpun masih harus menggelar tahlilan. Demi ga malu sama masyarakat sekitar. Masak ngubur ortunya sendiri kayak ngubur kucing aja.

    >>>> Akhirnya utang sana sini buat nyiapin besek dan amplop serta biaya2 tahlilan lainnya. Ini namanya… Uda jatuh ketimpa tangga sama rumah2nya sekalian.
    ……………………
    Tentunya tidak seorang muslimpun yang melarang tahlilan, bahkan yang melarang tahlilan adalah orang yang tidak diragukan kekafirannya. Akan tetapi yang dimaksud dengan istilah “Tahlilan” di sini adalah acara yang dikenal oleh masyarakat yaitu acara kumpul-kumpul di rumah kematian sambil makan-makan disertai mendoakan sang mayit agar dirahmati oleh Allah.

    Lebih aneh lagi jika ada yang melarang tahlilan langsung dikatakan “Dasar wahabi”..!!!

    Seakan-akan pelarangan melakukan acara tahlilan adalah bid’ah yang dicetus oleh kaum wahabi !!?

    Sementara para pelaku acara tahlilan mengaku-ngaku bahwa mereka bermadzhab syafi’i !!!. Ternyata para ulama besar dari madzhab Syafi’iyah telah mengingkari acara tahlilan, dan menganggap acara tersebut sebagai bid’ah yang mungkar, atau minimal bid’ah yang makruh. Kalau begitu para ulama syafi’yah seperti Al-Imam Asy-Syafii dan Al-Imam An-Nawawi dan yang lainnya adalah wahabi??!!

    A. Ijmak Ulama bahwa Nabi, para sahabat, dan para imam madzhab tidak pernah tahlilan

    Tentu sangat tidak diragukan bahwa acara tahlilan –sebagaimana acara maulid Nabi dan bid’ah-bid’ah yang lainnya- tidaklah pernah dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tidak juga para sahabatnya, tidak juga para tabi’in, dan bahkan tidak juga pernah dilakukan oleh 4 imam madzhab (Abu Hanifah, Malik, Asy-Syafii, dan Ahmad rahimahumullah).

    Akan tetapi anehnya sekarang acara tahlilan pada kenyataannya seperti merupakan suatu kewajiban di pandangan sebagian masyarakat. Bahkan merupakan celaan yang besar jika seseorang meninggal lalu tidak ditahlilkan. Sampai-sampai ada yang berkata, “Kamu kok tidak mentahlilkan saudaramu yang meninggal??, seperti nguburi kucing aja !!!”.

    Tidaklah diragukan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah kehilangan banyak saudara, karib kerabat, dan juga para sahabat beliau yang meninggal di masa kehidupan beliau. Anak-anak beliau (Ruqooyah, Ummu Kaltsum, Zainab, dan Ibrahim radhiallahu ‘anhum) meninggal semasa hidup beliau, akan tetapi tak seorangpun dari mereka yang ditahlilkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apakah semuanya dikuburkan oleh Nabi seperti menguburkan kucing??.

    Istri beliau yang sangat beliau cintai Khodijah radhiallahu ‘anhaa juga meninggal di masa hidup beliau, akan tetapi sama sekali tidak beliau tahlilkan. Jangankan hari ke-3, ke-7, ke-40, ke-100, ke-1000 bahkan sehari saja tidak beliau tahlilkan. Demikian juga kerabat-kerabat beliau yang beliau cintai meninggal di masa hidup beliau, seperti paman beliau Hamzah bin Abdil Muthholib, sepupu beliau Ja’far bin Abi Thoolib, dan juga sekian banyak sahabat-sahabat beliau yang meninggal di medan pertempuran, tidak seorangpun dari mereka yang ditahlilkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

    Demikian pula jika kita beranjak kepada zaman al-Khulafaa’ ar-Roosyidin (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali) tidak seorangpun yang melakukan tahlilan terhadap saudara mereka atau sahabat-sahabat mereka yang meninggal dunia.

    Nah lantas apakah acara tahlilan yang tidak dikenal oleh Nabi dan para sahabatnya, bahkan bukan merupakan syari’at tatkala itu, lantas sekarang berubah statusnya menjadi syari’at yang sunnah untuk dilakukan??!!, bahkan wajib??!! Sehingga jika ditinggalkan maka timbulah celaan??!!

    Sungguh indah perkataan Al-Imam Malik (gurunya Al-Imam Asy-Syaafi’i rahimahumallahu)

    فَمَا لَمْ يَكُنْ يَوْمَئِذٍ دِيْنًا لاَ يَكُوْنُ الْيَوْمَ دِيْنًا

    “Maka perkara apa saja yang pada hari itu (pada hari disempurnakan Agama kepada Nabi, yaitu masa Nabi dan para sahabat-pen) bukan merupakan perkara agama maka pada hari ini juga bukan merupakan perkara agama.”(Al-Ihkam, karya Ibnu Hazm 6/255)

    Bagaimana bisa suatu perkara yang jangankan merupakan perkara agama, bahkan tidak dikenal sama sekali di zaman para sahabat, kemudian lantas sekarang menjadi bagian dari agama !!!

    B. Yang Sunnah adalah meringankan beban keluarga mayat bukan malah memberatkan

    Yang lebih tragis lagi acara tahlilan ini ternyata terasa berat bagi sebagian kaum muslimin yang rendah tingkat ekonominya. Yang seharusnya keluarga yang ditinggal mati dibantu, ternyata kenyataannya malah dibebani dengan acara yang berkepanjangan…biaya terus dikeluarkan untuk tahlilan…hari ke-3, hari ke-7, hari ke-40, hari ke-100, hari ke-1000…

    Tatkala datang kabar tentang meninggalnya Ja’far radhiallahu ‘anhu maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

    اِصْنَعُوا لِآلِ جَعْفَرَ طَعَامًا فَإِنَّهُ قَدْ أَتَاهُمْ مَا يُشْغِلُهُمْ

    “Buatlah makanan untuk keluarga Ja’far, karena sesungguhnya telah datang kepada mereka perkara yang menyibukan mereka” (HR Abu Dawud no 3132

    Al-Imam Asy-Syafi’I rahimahullah berkata :

    وَأُحِبُّ لِجِيرَانِ الْمَيِّتِ أو ذِي قَرَابَتِهِ أَنْ يَعْمَلُوا لِأَهْلِ الْمَيِّتِ في يَوْمِ يَمُوتُ وَلَيْلَتِهِ طَعَامًا يُشْبِعُهُمْ فإن ذلك سُنَّةٌ وَذِكْرٌ كَرِيمٌ وهو من فِعْلِ أَهْلِ الْخَيْرِ قَبْلَنَا وَبَعْدَنَا لِأَنَّهُ لَمَّا جاء نَعْيُ جَعْفَرٍ قال رسول اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم اجْعَلُوا لِآلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا فإنه قد جَاءَهُمْ أَمْرٌ يَشْغَلُهُمْ

    “Dan aku menyukai jika para tetangga mayat atau para kerabatnya untuk membuat makanan bagi keluarga mayat yang mengenyangkan mereka pada siang dan malam hari kematian sang mayat. Karena hal ini adalah sunnah dan bentuk kebaikan, dan ini merupakan perbuatan orang-orang baik sebelum kami dan sesudah kami, karena tatkala datang kabar tentang kematian Ja’far maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’afar, karena telah datang kepada mereka perkara yang menyibukkan mereka” (Kitab Al-Umm 1/278)

    C. Argumen Madzhab Syafi’i Yang Menunjukkan makruhnya/bid’ahnya acara Tahlilan

    Banyak hukum-hukum madzhab Syafi’i yang menunjukkan akan makruhnya/bid’ahnya acara tahlilan. Daintaranya :

    PERTAMA : Pendapat madzhab Syafi’i yang mu’tamad (yang menjadi patokan) adalah dimakruhkan berta’ziah ke keluarga mayit setelah tiga hari kematian mayit. Tentunya hal ini jelas bertentangan dengan acara tahlilan yang dilakukan berulang-ulang pada hari ke-7, ke-40, ke-100, dan bahkan ke-1000

    Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata :

    “Para sahabat kami (para fuqohaa madzhab syafi’i) mengatakan : “Dan makruh ta’ziyah (melayat) setelah tiga hari. Karena tujuan dari ta’ziah adalah untuk menenangkan hati orang yang terkena musibah, dan yang dominan hati sudah tenang setelah tiga hari, maka jangan diperbarui lagi kesedihannya. Dan inilah pendapat yang benar yang ma’ruf….” (Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzdzab 5/277)

    Setalah itu al-Imam An-Nawawi menyebutkan pendapat lain dalam madzhab syafi’i yaitu pendapat Imam Al-Haromain yang membolehkan ta’ziah setelah lewat tiga hari dengan tujuan mendoakan mayat. Akan tetapi pendapat ini diingkari oleh para fuqohaa madzhab syafi’i.

    Al-Imam An-Nawawi berkata :

    “Dan Imam al-Haromain menghikayatkan –satu pendapat dalam madzhab syafi’i- bahwasanya tidak ada batasan hari dalam berta’ziah, bahkan boleh berta’ziah setelah tiga hari dan meskipun telah lama waktu, karena tujuannya adalah untuk berdoa, untuk kuat dalam bersabar, dan larangan untuk berkeluh kesah. Dan hal-hal ini bisa terjadi setelah waktu yang lama. Pendapat ini dipilih (dipastikan) oleh Abul ‘Abbaas bin Al-Qoosh dalam kitab “At-Talkhiis”.

    Al-Qoffaal (dalam syarahnya) dan para ahli fikih madzhab syafi’i yang lainnya mengingkarinya. Dan pendapat madzhab syafi’i adalah adanya ta’ziah akan tetapi tidak ada ta’ziah setelah tiga hari. Dan ini adalah pendapat yang dipastikan oleh mayoritas ulama.

    Al-Mutawalli dan yang lainnya berkata, “Kecuali jika salah seorang tidak hadir, dan hadir setelah tiga hari maka ia boleh berta’ziah”

    (Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzdzab 5/277-278)

    Lihatlah dalam perkataan al-Imam An-Nawawi di atas menunjukkan bahwasanya dalih untuk mendoakan sang mayat tidak bisa dijadikan sebagai argument untuk membolehkan acara tahlilan !!!

    KEDUA : Madzhab syafi’i memakruhkan sengajanya keluarga mayat berkumpul lama-lama dalam rangka menerima tamu-tamu yang berta’ziyah, akan tetapi hendaknya mereka segera pergi dan mengurusi kebutuhan mereka.

    Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata :

    “Adapun duduk-duduk untuk ta’ziyah maka Al-Imam Asy-Syafi’i menashkan (menyatakan) dan juga sang penulis al-Muhadzdzab serta seluruh ahli fikih madzhab syafi’i akan makruhnya hal tersebut…

    Mereka (para ulama madzhab syafi’i) berkata : Yang dimaksud dengan “duduk-duduk untuk ta’ziyah” adalah para keluarga mayat berkumpul di rumah lalu orang-orang yang hendak ta’ziyah pun mendatangi mereka.

    Mereka (para ulama madzhab syafi’i) berkata : Akan tetapi hendaknya mereka (keluarga mayat) pergi untuk memenuhi kebutuhan mereka, maka barang siapa yang bertemu mereka memberi ta’ziyah kepada mereka. Dan hukumnya tidak berbeda antara lelaki dan wanita dalam hal dimakruhkannya duduk-duduk untuk ta’ziyah…”

    Al-Imam Asy-Syafi’i berkata dalam kitab “Al-Umm” :

    “Dan aku benci al-maatsim yaitu berkumpulnya orang-orang (di rumah keluarga mayat –pen) meskipun mereka tidak menangis. Karena hal ini hanya memperbarui kesedihan, dan membebani pembiayayan….”. ini adalah lafal nash (pernyataan) Al-Imam Asy-syafi’i dalam kitab al-Umm. Dan beliau diikuti oleh para ahli fikih madzhab syafi’i.

    Dan penulis (kitab al-Muhadzdzab) dan yang lainnya juga berdalil untuk pendapat ini dengan dalil yang lain, yaitu bahwasanya model seperti ini adalah muhdats (bid’ah)” (Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzdzab 5/278-279)

    Sangat jelas dari pernyataan Al-Imam An-Nawawi rahimahullah ini bahwasanya para ulama madzhab syafi’i memandang makruhnya berkumpul-kumpul di rumah keluarga mayat karena ada 3 alasan :

    (1) Hal ini hanya memperbarui kesedihan, karenanya dimakruhkan berkumpul-kumpul meskipun mereka tidak menangis

    (2) Hal ini hanya menambah biaya

    (3) Hal ini adalah bid’ah (muhdats)

    KETIGA : Madzhab syafi’i memandang bahwa perbuatan keluarga mayat yang membuat makanan agar orang-orang berkumpul di rumah keluarga mayat adalah perkara bid’ah

    Telah lalu penukilan perkataan Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah :

    وَأُحِبُّ لِجِيرَانِ الْمَيِّتِ أو ذِي قَرَابَتِهِ أَنْ يَعْمَلُوا لِأَهْلِ الْمَيِّتِ في يَوْمِ يَمُوتُ وَلَيْلَتِهِ طَعَامًا يُشْبِعُهُمْ فإن ذلك سُنَّةٌ وَذِكْرٌ كَرِيمٌ وهو من فِعْلِ أَهْلِ الْخَيْرِ قَبْلَنَا وَبَعْدَنَا لِأَنَّهُ لَمَّا جاء نَعْيُ جَعْفَرٍ قال رسول اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم اجْعَلُوا لِآلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا فإنه قد جَاءَهُمْ أَمْرٌ يَشْغَلُهُمْ

    “Dan aku menyukai jika para tetangga mayat atau para kerabatnya untuk membuat makanan bagi keluarga mayat yang mengenyangkan mereka pada siang dan malam hari kematian sang mayat. Karena hal ini adalah sunnah dan bentuk kebaikan, dan ini merupakan perbuatan orang-orang baik sebelum kami dan sesudah kami, karena tatkala datang kabar tentang kematian Ja’far maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’afar, karena telah datang kepada mereka perkara yang menyibukkan mereka” (Kitab Al-Umm 1/278)

    Akan tetapi jika ternyata para wanita dari keluarga mayat berniahah (meratapi) sang mayat maka para ulama madzhab syafi’i memandang tidak boleh membuat makanan untuk mereka (keluarga mayat).

    Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata :

    Para sahabat kami (para ahli fikih madzhab syafi’i) rahimahullah berkata, “Jika seandainya para wanita melakukan niahah (meratapi sang mayat di rumah keluarga mayat-pen) maka tidak boleh membuatkan makanan bagi mereka. Karena hal ini merupakan bentuk membantu mereka dalam bermaksiat.

    Penulis kitab as-Syaamil dan yang lainnya berkata : “Adapun keluarga mayat membuat makanan dan mengumpulkan orang-orang untuk makan makanan tersebut maka tidak dinukilkan sama sekali dalilnya, dan hal ini merupakan bid’ah, tidak mustahab (tidak disunnahkan/tidak dianjurkan)”.

    Ini adalah perkataan penulis asy-Syaamil. Dan argumen untuk pendapat ini adalah hadits Jarir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu ia berkata, “Kami memandang berkumpul di rumah keluarga mayat dan membuat makanan setelah dikuburkannya mayat termasuk niyaahah”. Diriwayatkan oleh Ahmad bin Hambal dan Ibnu Maajah dengan sanad yang shahih” (Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzdzab 5/290)

    D. Fatwa para ulama 4 madzhab di kota Mekah akan bid’ahnya tahlilan

    Diantara para ulama madzhab syafi’i lainnya yang menyatakan dengan tegas akan bid’ahnya tahlilan adalah :

    Dalam kitab Hasyiah I’aanat at-Thoolibin, Ad-Dimyaathi berkata :

    “Aku telah melihat pertanyaan yang ditujukan kepada para mufti kota Mekah tentang makanan yang dibuat oleh keluarga mayat dan jawaban mereka tentang hal ini.

    (Pertanyaan) : Apakah pendapat para mufti yang mulia di tanah haram –semoga Allah senantiasa menjadikan mereka bermanfaat bagi manusia sepanjang hari- tentang tradisi khusus orang-orang yang tinggal di suatu negeri, yaitu bahwasanya jika seseorang telah berpindah ke daarul jazaa’ (akhirat) dan orang-orang kenalannya serta tetangga-tetangganya menghadiri ta’ziyah (melayat) maka telah berlaku tradisi bahwasanya mereka menunggu (dihidangkannya) makanan. Dan karena rasa malu yang meliputi keluarga mayat maka merekapun bersusah payah untuk menyiapkan berbagai makanan untuk para tamu ta’ziyah tersebut. Mereka menghadirkan makanan tersebut untuk para tamu dengan susah payah. Maka apakah jika kepala pemerintah yang lembut dan kasih sayang kepada rakyat melarang sama sekali tradisi ini agar mereka kembali kepada sunnah yang mulia yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dimana beliau berkata, “Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far”, maka sang kepala pemerintahan ini akan mendapatkan pahala karena pelarangan tersebut?. Berikanlah jawaban dengan tulisan dan dalil !!”

    Jawaban :

    “Segala puji hanya milik Allah, dan semoga shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya setelahnya. Ya Allah aku meminta kepadMu petunjuk kepada kebenaran.

    Benar bahwasanya apa yang dilakukan oleh masyarakat berupa berkumpul di keluarga mayat dan pembuatan makanan merupakan bid’ah yang munkar yang pemerintah diberi pahala atas pelarangannya ….

    Dan tidaklah diragukan bahwasanya melarang masyarakat dari bid’ah yang mungkar ini, padanya ada bentuk menghidupkan sunnaah dan mematikan bid’ah, membuka banyak pintu kebaikan dan menutup banyak pintu keburukan. Karena masyarakat benar-benar bersusah payah, yang hal ini mengantarkan pada pembuatan makanan tersebut hukumnya haram. Wallahu a’lam.

    Ditulis oleh : Yang mengharapkan ampunan dari Robnya : Ahmad Zainy Dahlan, mufti madzhab Syafi’iyah di Mekah”

    Adapun jawaban Mufti madzhab Hanafiyah di Mekah sbb :

    “Benar, pemerintah (waliyyul ‘amr) mendapatkan pahala atas pelarangan masyarakat dari perbuatan-perbuatan tersebut yang merupakah bid’ah yang buruk menurut mayoritas ulama….

    Penulis Raddul Muhtaar berkata, “Dan dibenci keluarga mayat menjamu dengan makanan karena hal itu merupakan bentuk permulaan dalam kegembiraan, dan hal ini merupakan bid’ah”…

    Dan dalam al-Bazzaaz : “Dan dibenci menyediakan makanan pada hari pertama, hari ketiga, dan setelah seminggu, serta memindahkan makanan ke kuburan pada waktu musim-musim dst”…

    Ditulis oleh pelayan syari’at dan minhaaj : Abdurrahman bin Abdillah Sirooj, Mufti madzhab Hanafiyah di Kota Mekah Al-Mukarromah…

    Ad-Dimyathi berkata : Dan telah menjawab semisal dua jawaban di atas Mufti madzhab Malikiah dan Mufti madzhab Hanabilah” (Hasyiah I’aanat at-Thoolibin 2/165-166)

    Penutup

    Pertama : Mereka yang masih bersikeras melaksanakan acara tahlilan mengaku bermadzhab syafi’iyah, akan tetapi ternyata para ulama syafi’iyah membid’ahkan acara tahlilan !!. Lantas madzhab syafi’iyah yang manakah yang mereka ikuti ??

    (silahkan baca juga : http://hijrahdarisyirikdanbidah.blogspot.com/…/tahlilan-dal…)

    Kedua : Para ulama telah ijmak bahwasanya mendoakan mayat yang telah meninggal bermanfaat bagi sang mayat. Demikian pula para ulama telah berijmak bahwa sedekah atas nama sang mayat akan sampai pahalanya bagi sang mayat. Akan tetapi kesepakatan para ulama ini tidak bisa dijadikan dalil untuk melegalisasi acara tahlilan, karena meskipun mendoakan mayat disyari’atkan dan bersedakah (dengan memberi makanan) atas nama mayat disyari’atkan, akan tetapi kaifiyat (tata cara) tahlilan inilah yang bid’ah yang diada-adakan yang tidak dikenal oleh Nabi dan para sahabatnya. Kreasi tata cara inilah yang diingkari oleh para ulama syafi’iyah, selain merupakan perkara yang muhdats juga bertentangan dengan nas (dalil) yang tegas :

    – Dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu : “Kami memandang berkumpul di rumah keluarga mayat dan membuat makanan setelah dikuburkannya mayat termasuk niyaahah”. Diriwayatkan oleh Ahmad bin Hambal dan Ibnu Maajah dengan sanad yang shahih”

    – Berlawanan dengan sunnah yang jelas untuk membuatkan makanan bagi keluarga mayat dalam rangka meringankan beban mereka

    Bid’ah sering terjadi dari sisi kayfiyah (tata cara). Karenanya kita sepakat bahwa adzan merupakan hal yang baik, akan tetapi jika dikumandangkan tatkala sholat istisqoo, sholat gerhana, sholat ‘ied maka ini merupakan hal yang bid’ah. Kenapa?, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya tidak pernah melakukannya.

    Demikian juga bahwasanya membaca ayat al-kursiy bisa mengusir syaitan, akan tetapi jika ada seseorang lantas setiap kali keluar dari masjid selalu membaca ayat al-kursiy dengan dalih untuk mengusir syaitan karena di luar masjid banyak syaitan, maka kita katakan hal ini adalah bid’ah. Kenapa?, karena kaifiyyah dan tata cara seperti ini tidak pernah dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya.

    Ketiga : Kalau kita boleh menganalogikan lebih jauh maka bisa kita katakan bahwasanya orang yang nekat untuk mengadakan tahlilan dengan alasan untuk mendoakan mayat dan menyedekahkan makanan, kondisinya sama seperti orang yang nekat sholat sunnah di waktu-waktu terlarang. Meskipun ibadah sholat sangat dicintai oleh Allah, akan tetapi Allah telah melarang melaksanakan sholat pada waktu-waktu terlarang.

    Demikian pula berkumpul-kumpul di rumah keluarga kematian dan bersusah-susah membuat makanan untuk para tamu bertentangan dan bertabrakan dengan dua perkara di atas:

    – Sunnahnya membuatkan makanan untuk keluarga mayat

    – Dan hadits Jarir bin Abdillah tentang berkumpul-kumpul di keluarga mayat termasuk niyaahah yang dilarang.

    Keempat : Untuk berbuat baik kepada sang mayat maka kita bisa menempuh cara-cara yang disyari’atkan, sebagaimana telah lalu. Diantaranya adalah mendoakannya kapan saja –tanpa harus acara khusus tahlilan-, dan juga bersedakah kapan saja, berkurban atas nama mayat, menghajikan dan mengumrohkan sang mayat, dll.

    Adapun mengirimkan pahala bacaan Al-Qur’an maka hal ini diperselisihkan oleh para ulama. Dan pendapat yang dipilih oleh Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah bahwasanya mengirimkan pahala bacaan al-Qur’an tidak akan sampai bagi sang mayat.

    Kelima : Kalaupun kita memilih pendapat ulama yang menyatakan bahwa mengirim bacaan al-qur’an akan sampai kepada mayat, maka kita berusaha agar kita atau keluarga yang mengirimkannya, ataupun orang lain adalah orang-orang yang amanah.

    Adapun menyewa para pembaca al-Qur’an yang sudah siap siaga di pekuburan menanti kedatangan para peziarah kuburan untuk membacakan al-quran dan mengirim pahalanya maka hendaknya dihindari karena :

    – Tidak disyari’atkan membaca al-Qur’an di kuburan, karena kuburan bukanlah tempat ibadah sholat dan membaca al-Qur’an

    – Jika ternyata terjadi tawar menawar harga dengan para tukang baca tersebut, maka hal ini merupakan indikasi akan ketidak ikhlasan para pembaca tersebut. Dan jika keikhlasan mereka dalam membaca al-qur’an sangat-sangat diragukan, maka kelazimannya pahala mereka juga sangatlah diragukan. Jika pahalanya diragukan lantas apa yang mau dikirimkan kepada sang mayat??!!

    – Para pembaca sewaan tersebut biasanya membaca al-Qur’an dengan sangat cepat karena mengejar dan memburu korban penziarah berikutnya. Jika bacaan mereka terlalu cepat tanpa memperhatikan tajwid, apalagi merenungkan maknanya, maka tentu pahala yang diharapkan sangatlah minim. Terus apa yang mau dikirimkan kepada sang mayat ??!!

    berbagai sumber

    http://ep.upy.ac.id/2016/05/14/tahlilan-bidah-sesat-sering-kita-dapati-sebagian-ustadz-atau-kiyai-yang-mengatakan-tahlilan-kok-dilarang-tahlilan-kan-artinya-laa-ilaah-illallahh/

  3. Bukankah Pengumpulan al-Quran itu bid'ah ?
    ÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
    Ini adalah komentar yang sering dilemparkan oleh para pendukung bid'ah hasanah (baik) untuk menghalalkan bid'ah dan ibadah buatan mereka.

    Maka kita jawab dengan jawaban yg ilmiah

    _________

    Pertama :

    Nabi shallallahu 'alaihiwa sallam telah memerintahkan untuk berpegang teguh dengan sunnah para al-Khulafaa ar-Roosyidiin , diantaranya Abu Bakar radhiallahu ' anhu. Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :

    ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺴُﻨَّﺘِﻲ ﻭَﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟْﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ
    ﺍﻟْﻤَﻬْﺪِﻳِﻴْﻦَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻱ

    " Berpegang teguhlah dengan sunnahku dan sunnah para al-Khulafaa ar- Rosyidiin yang mendapat petunjuk setelahku"

    (HR At- Thirmidzi no 2676 , Abu Dawud 4607 , dan Ibnu Maajah no 42 dan dishahihkan oleh At-Thirmidzi dan Al- Haakim, dan dishahihkan oleh Al- Albani dalam Shahih al-Jaami' no 2549) .

    Maka, mengumpulkan al-Qur 'an adalah sunnahnya Abu Bakar radhiallahu 'anhu yang kita diperintahkan untuk melakukannya.

    ________

    Kedua :

    Penulisan al-Qur'an bukanlah sesuatu yang baru dan para Sahabat hanya mengumpul,menyalin dalam mushaf dan membukukannya saja.

    "Al-Qur'an telah tertulis di lembaran-lembaran, akan tetapi terpisah-pisah. Maka Abu Bakar pun mengumpulkannya pada satu tempat. Kemudian setelah itu tetap terjaga hingga akhirnya Utsman bin 'Affaan memerintahkan untuk menyalin dari lembaran-lembaran tersebut. Lalu disalinlah ke beberapa mushaf lalu dikirim oleh Utsman ke kota-kota" (Fathul Baari 9/13)

    Allah ta'ala berfirman :

    ﺭَﺳُﻮﻝٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﺘْﻠُﻮ ﺻُﺤُﻔًﺎ ﻣُﻄَﻬَّﺮَﺓً

    "( Yaitu ) seorang Rasul dari Allah (yaitu Muhammad ) yang membacakan lembaran- lembaran yang disucikan ( Al Quran )" (QS. Al-Bayyinah : 2 ).

    Ayat ini menunjukan bahwa al-Qur 'an terlah tercatat di lembaran-lembaran yang suci. Rasulullah shallallahu ' alaihi wa sallam pernah bersabda :

    ﻻَ ﺗَﻜْﺘُﺒُﻮﺍ ﻋَﻨِّﻲ ﻭَﻣَﻦْ ﻛَﺘَﺐَ ﻋَﻨِّﻲ ﻏَﻴْﺮَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻓَﻠْﻴَﻤْﺤُﻪُ

    " Janganlah kalian menulis dariku , barang siapa yang menulis dariku selain Al- Qur 'an maka hapuslah " (HR Muslim no 3004 ).

    Hadits ini menunjukan bahwa al-Qur 'an telah tercatat di masa kehidupan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan tentunya mengumpulkan lembaran-lembaran itu semua dalam satu tempat maka bukanlah perkara yang diingkari .

    ________

    Ketiga :

    Mereka (para sahabat) mengumpulkan al- Qur 'an dalam rangka merealisasikan firman Allah

    ﺇِﻧَّﺎ ﻧَﺤْﻦُ ﻧَﺰَّﻟْﻨَﺎ ﺍﻟﺬِّﻛْﺮَ ﻭَﺇِﻧَّﺎ ﻟَﻪُ ﻟَﺤَﺎﻓِﻈُﻮﻥَ

    " Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya" ( QS Al -Hijr : 9 )

    Ayat ini memberikan jaminan tentang kesucian dan kemurnian Al Qur'an selama - lamanya. Dan diantara bentuk penjagaan Allah terhadap al-Qur 'an adalah Allah memudahkan para sahabat untuk mengumpulkan lembaran-lembaran Al-Qur ' an sebagaimana yang dipelopori oleh Abu Bakar As-Shiddiq dan kemudian dilanjutkan oleh Utsman bin 'Affaan dengan penyalinan lembaran- lembaran tersebut dalam mushaf - mushaf .

    Oleh karenanya apa yang dilakukan oleh Abu Bakar adalah fardu kifayah dalam rangka menjalankan perintah Allah .

    Al-Haafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

    " Ibnu Al- Baaqillaani berkata : Apa yang dilakukan oleh Abu Bakr merupakan fardu kifayah, dengan dalil sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam " Janganlah kalian menulis dariku selain Al- Qur 'an" disertakan dengan firman Allah

    ﺇِﻥَّ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ ﺟَﻤْﻌَﻪُ ﻭَﻗُﺮْﺁﻧَﻪُ

    " Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan ( membuatmu pandai) membacanya" ( QS Al- Qiyaamah :17)

    Dan juga firman Allah :

    ﺇِﻥَّ ﻫَﺬَﺍ ﻟَﻔِﻲ ﺍﻟﺼُّﺤُﻒِ ﺍﻷﻭﻟَﻰ (١٨ )

    "Sesungguhnya ini benar- benar terdapat dalam Kitab - Kitab yang dahulu " ( QS Al-A ' la : 18)

    Dan firman Allah

    ﺭَﺳُﻮﻝٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﺘْﻠُﻮ ﺻُﺤُﻔًﺎ ﻣُﻄَﻬَّﺮَﺓً

    "( yaitu ) seorang Rasul dari Allah (yaitu Muhammad ) yang membacakan lembaran- lembaran yang disucikan ( Al Quran )" (QS Al-
    Bayyinah : 2 )

    Maka seluruh perbuatan yang kembali pada (merealisasikan) pengumpulan dan penjagaan al-Qur 'an maka hukumnya wajib kifayah .
    Dan itu semua adalah bentuk nasehat kepada Allah , RasulNya, KitabNya , para pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin pada umumnya" (Fathul Baari 9 /14 )

    Karenanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memiliki sekretaris-sekretaris ﻛُﺘَّﺎﺏُ ﺍﻟْﻮَﺣْﻲِ yang beliau tugaskan untuk menulis wahyu (al-Qur 'an ).

    Mereka menulis al-Qur ' an yang didikte oleh Nabi shallallahu'alaihi wa sallam. Tentunya ini merupakan isyarat dari Nabi untuk mengumpulkan al- Qur 'an setelah selesai seluruh penyalinan di lembaran- lembaran mereka.

    Tentunya Allah tatkala menjamin penjagaan Al- Qur 'an bukanlah penjagaan secara otomatis akan tetapi penjagaan dengan sebab yang Allah siapkan yaitu menggerakan hati-hati para sahabat untuk mengumpulkan Al-Qur 'an agar tidak ada yang hilang atau yang diperselisihkan keotentikannya.

    _______

    Keempat :

    Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang untuk bersafar membawa mushaf ke negeri musuh.
    ِّ
    Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhumaa bahwasanya Rasulullah shallallahu ' alaihi wa sallam melarang untuk bersafar membawa al- Qur 'an ke negeri musuh (HR Al-Bukhari no 2990 dan Muslim no 1869 )

    Ini merupakan isyarat bahwasanya al- Qur 'an akan ada terkumpulkan di umat ini dan akan mudah di bawa dalam safar . (Lihat Ahkaamul Qur 'aan karya Abu Bakr Ibnul 'Arobi (wafat 542 H ), tahqiq : Muhammad Abdil Qodiir 'Atoo , Daarul Kutub al-' Ilmiyah, cetakan ketiga, 2 /611 )

    _____
    Kelima :

    Pengumpulan al-Qur ' an merupakan perkara yang disepakati oleh para sahabat , sehingga hal ini merupakan ijmak, dan ijmak merupakan hujjah.

    ____
    Keenam :

    Pengumpulan al-Qur ' an dilakukan oleh para sahabat sesuai dengan kaidah " Saddu Dzari 'ah" dan " Dar 'ul Mafaasid " , yaitu dalam rangka untuk mencegah hilangnya sebagian al- Qur 'an dan juga mencegah terjadinya perselisihan di antara umat di masa depan karena berselisih tentang al-Qur 'an . Hal ini sebagaimana yang diisyaratkan oleh Umar bin Al-Khottob, dan juga sebagaimana yang dilakukan oleh Utsman bin 'Affan dengan menyalin lembaran-lembaran yang dikumpulkan oleh Abu Bakar dalam beberapa mushaf lalu di bagi- bagikan di bebeparapa kota.

    Semuanya dilakukan agar kaum muslimin bersatu dan tidak berselisih.

    ===
    Peringatan :
    ____
    Pertama :

    Jika ada yang berkata,
    " Jika mengumpulkan al-Qur ' an merupakan bentuk penjagaan Al-Qur'an lantas kenapa Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam tidak melakukannya ?"

    Jawapannya

    sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Hajar Al- 'Asqolaani rahimahullah, beliau berkata :

    " Al-Khotthoobi rahimahullah dan yang lainnya berkata, " Dan ada kemungkinan bahwasanya Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam tidaklah mengumpulkan al-Qur ' an dalam sebuah mushaf karena beliau menantikan datangnya nasikh (ayat yang menghapus) yang menaskh - kan (menghapus) sebagian hukum - hukum al-Qur ' an atau tilawahnya . Tatkala selesai turunnya Al-Qur ' an – dengan wafatnya beliau shallallahu 'alaihi wa sallam - maka Allahpun mengilhamkan kepada khulafaa ar- Rosyidin untuk mengumpulkan al- Qur 'an sebagai bentuk penunaian janji yang benar bahwasanya Allah akan menjaga al- Qur 'an bagi umat Muhammadiah – semoga Allah menambah kemuliaan mereka- . Dan permulaan penjagaan al-Qur 'an dimulai melalui tangan Abu Bakr As- Shiddiq dengan musyawarah /masukan Umar radhiallahu 'anhumaa " ( Fathul Baari 9 /12 )

    ______

    Kedua :

    Jika kita perhatikan pengumpulan al- Qur 'an bukanlah membuat suatu ibadah yang baru… sama sekali bukan . Ia justru suatu bentuk sarana untuk memudahkan kaum muslimin untuk beribadah dengan membaca dan mempelajari al- Qur 'an . Hal ini sangat berbeza dengan bid 'ah-bid 'ah hasanah yang kebanyakannya merupakan bentuk ratacara baru dalam beribadah .
    Seperti solat model baru , dzikir model baru, perayaan model baru… ini semua adalah kreasi dalam beribadah. Adapun pengumpulan al- Qur 'an sama sekali tidak ada kreasi dalam membuat suatu tata cara beribadah, bahkan dilakukan pengumpulan al-Qur ' an dalam rangka memantapkan ibadah-ibadah yang sudah ada !!!

    Karenanya para ulama menyebutkan bahwasanya pengumpulan al- Qur 'an termasuk dalam al- Maslahah al- Mursalah. Sama seperti pembuatan sekolah- sekolah agama, pondok tahfiz al-Qur 'an , ilmu sanad dan riwayat, ilmu al- Jarh wa at- Ta' diil, ilmu nahwu dan shorof , semuanya bukanlah kreasi ibadah baru , akan tetapi sebagai sarana untuk bisa mengamalkan ibadah -ibadah yang sudah ada .

    Silahkan kembali membaca perbedaan antara al- Maslahah al- Mursalah dengan bid' ah hasanah .

    _______

    Ketiga :

    Lihatlah bagaimana Abu Bakar dan Zaid bin Tsaabit radhiallahu ' anhumaa pun hati- hati dan sempat berhenti dan berpikir panjang. Padahal jelas mengumpulkan al- Qur 'an adalah perkara yang dibolehkan dan bentuk pengamalan dari firman Allah tentang penjagaan Al- Qur 'an .

    Akan tetapi para sahabat tetap saja sangat berhati- hati untuk melakukan sesuatu yang " masih baru" yang tidak pernah dikerjakan oleh Nabi. Bahkan Zaid bin Tsaabit mengatakan bahwa pekerjaan mengumpulkan al-Qur 'an lebih berat daripada memindahkan sebuah gunung !! . Lantas cuba kita bandingkan dengan para (pelaku ) bid 'ah -bid 'ah hasanah , baik tata cara ibadah baru , baik
    model- model dzikir baru… sungguh mereka sama sekali membuatnya tanpa ragu -ragu sedikitpun !!!

    Ibnu Batthool berkata,

    "Abu Bakar dan Zaid bin Tsabit menghindar (dari mengumpulkan al- Qur 'an) hal ini dikarenakan mereka berdua tidak mendapati Rasulullah shallallahu ' alaihi wa sallam melakukannya . Maka mereka berdua benci untuk memposisikan diri mereka berdua sebagai posisi orang yang menambah - nambah kehati- hatiannya untuk agama melebihi kehati -hatian Rasulullah shallallahu ' alaihi wasallam.

    Akan tetapi tatkala Umar mengingatkan mereka berdua akan faedah mengumpulkan al- Qur 'an dan kekawatiran terjadi perubahan kondisi di masa depan jika tidak dikumpulkan al-Qur ' an sehingga al- Qur 'an akan menjadi samar setelah tadinya dikenal , maka mereka berduapun mengambil inisiatif Umar bin al- Khotthoob" ( Fathul Baari 9 / 13-14 ).

    berbagai sumber

Leave a Reply